Portal & Informasi Seputar Bandung Raya
Indeks

Antusias Santri Mengikuti Pesantren Intensif Di Ponpes Miftahul Hasanah Cikawati

Bewarabandung.com – Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan yang ada dalam masyarakat mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pendidikan pesantren tidak saja memberikan pengetahuan dan keterampilan tekhnis tetapi yang jauh lebih penting adalah menanamkan nilai-nilai moral dan agama.

Pesantren sebagai institusi pendidikan Islam, sangat potensial untuk pembentukan sumber daya manusia dan potensial menuju terwujudnya kecerdasan dan kesejahteraan bangsa.

Ponpes miftahul hasanah yang berlokasi di wilayah cikawati desa pakuhaji kab. Bandung barat selalu mengadakan kegiatan yang positif, dalam mengisi waktu liburan sekolah di akhir tahun 2022 ini miftahul hasanah mengadakan kegiatan pesantren intensif selama 4 hari yang di ikuti oleh 100 lebih peserta, bukan hanya santri dari wilayah cikawati saja namun juga di ikuti dari berbagai daerah di cimahi dan Bandung Barat.

Di akhir bulan desember 2022 ponpes miftahul hasanah mengadakan trensif yang ke 7 (batch 7) yang sebelumnya telah mengadakan acara milad yang petama dan peringatan maulid nabi Muhammad SAW 1444 H, dalam kegiatan trensif ini para santri sangat berantusias dan bersemangat dalam menimba ilmu di tempat ini, di isi dengan kegiatan kegiatan penting seperti tahfidz quran, tahsin, bahasa arab, kaligrafi, fiqih, hadist dan lain lain, dan juga kegiatan luar ruangan seperti rihlah dan tadabur alam.

Pondok pesantren yang di pimpin oleh Ust. Agung Abdilah S.Pd.I ini tengah memiliki gedung sendiri yang cikup luas dan pasilitas kamar mandi khusus ikhwan dan khusus ahwat sehingga para santri lebih nyaman dalam melaksanakan belajarnya.

Ustad Agung senantiasa menanamkan terhadap santrinya bagaimana mendahulukan adab diatas ilmu, bukan hanya memiliki ilmu dan wawsasan yang baik para santri juga harus memiliki adab dan budi pekerti yang lahur, bagaimana berbakti kepada orang tua, hormat kepada guru dan norma norma lainnya dalam kehidupan sehari hari agar dapat diterima oleh masyarakat.

Program pesantren intensif dilaksanakan dilaksanakan pada tanggal 27 Desember hingga 30 Desember 2022 para santri di wajibkan mukim untuk lebih fokus dalam kegiatan belajar mengajar dan untuk membentuk kemandirian santri yang pada umumnya di ikuti oleh santri tingkat usia sekolah dasar ini, dalam kegiatan trensif ini ust. Agung didampingi juga oleh para guru dan pembimbing lainnya seperti ust. Nurul Hidayat dan lain lain.

Ketua yayasan amanah miftahul ummah Bpk Tri Hendratmoko SE,MA terut berperan secara langsung dalam mengisi kegiatan trensif ini membekali pendikan karakter, kedispilinan, dan juga keterampilan olah raga seperti panahan dan lain lain, dan juga Kang Yana kepsek Mimha Bandung turut juga berbagi ilmu nya mengenai bagaimana cara belajar yang efektif.

Santri disambut haru oleh para wali santri yang di wajibkan hadir di saat penyambutan santri di akhir kegiatan, isak tangis pun tidak terbendung selepas melepas kerinduan orang tua yang mengharapkan anak nya menjadi anak yang sholeh sholehah, ustadz pun mendoakan para santri dapat mengabdi dan menjadi syafaat atau penolong kedua orang tuanya kelak di akhirar nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *