Portal & Informasi Seputar Bandung Raya

Bikin Bangga, Siswa SMPN 2 Kota Cimahi Sabet Dua Medali Sea Games 2023 Kamboja

Prestasi membanggakan diraih siswa SMPN 2 Cimahi, Kaisar Hansel Putra Fransciscus. Remaja berusia 15 tahun ini sukses menyabet dua medali di Sea Games 2023 Kamboja dari cabang olah raga Fin Swimming.

Kaisar mendapatkan satu medali emas dari nomor Fin Swimming Mixed Relay 4×100 meter Bi Fins dan satu medali perunggu dari nomor Fin Swmimming Men’s 400 meter Bi Fins. Ia adalah atlet termuda di cabang olahraga tersebut.

“Pastinya bangga banget, bahagia karena diusia segini (15) udah bisa ikut Sea Games. Tentunya ini di luar ekspektasi saya,” katanya pada Kamis (18/5/2023).

Kaisar tampil untuk di event olah raga terbesar di Asia Tenggara, ia berangkat ke Kamboja dengan semangat juang tinggi meskipun tidak dibebani target tinggi.

“Gak ditarget sih, dapat alhamdulillah ngga juga tidak apa-apa. Tapi hasilnya ini memang di luar ekspektasi,” ucap Kaisar.

Meski begitu, dihari pertama tampil dia langsung meraih medali emas didapat Kasiar di hari pertama nomor Fin Swimming Mixed Relay 4×100 meter Bi Fins dipertandingkan. Kemudian hari kedua seharusnya ia mengikuti nomor 200 meter Bi Fins namun batal, padahal Kaisar meyakini bisa mendapat hasil maksimal.

Berikutnya atlet kelahiran 7 Maret 2008 itu tampil di nomor Fin Simimming Men’s 400 meter Bi Fins dan mendapat medali perunggu. Meski masih berusia 15 tahun dan harus melawan atlet yang usianya lebih tua darinya, Kaisar mengaku cukup percaya diri.

“Yang lain rata-rata usianya 20 tahun, ada yang paling muda di atas saya 19 tahun. Dan lawan tersulit itu dari Vietnam. Tapi saya percaya diri aja, apalagi selalu disupport sama senior dan pelatih,” ujar Kaisar.

Perjuangan Kaisar menuju Sea Gamse Kamboja tentunya dicapai dengan kerja keras. Dia mengikuti seleksi nasional pertama kali di Pasuruan, Jawa Timur pada Desember 2022 dan akhirnya lolos ke Pelatnas di Jakarta. Berada di Pelatnas selama sebulan, Kaisar pun harus mengikuti seleksi lagi. Ia harus bertaruh dengan 16 atlet lainnya dari berbagai daerah.

Kaisar pun tampil terpilih dan dipersiapkan untuk mengikuti Sea Games 2023 di Kamboja. Di persiapkan di nomor 200 meter Bi Fins, ia pun terus di gembleng selama lima bulan di Pelatnas hingga akhirnya tampil di event dua tahun sekali itu.

“Saya memang pengen masuk Pelatnas akhirnya masuk dan dipersiapkan untuk Sea Games. Saya berlatih sunggung-sungguh selama 5 bulan dan alhamdulillah hasilnya sangat membanggakan,” tutur Kaisar.

Kini, tugas Kaisar mewakili Indonesia di ajang Sea Games di Kamboja sudah selesai. Ia sudah kembali beraktivitas seperti pelajar lainnya di SMPN 2 Cimahi. “Target terdekat saya mau ikut PON mewakili Jawa Barat. Saya akan jadi atlet terus,” ucapnya.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *