Portal & Informasi Seputar Bandung Raya
Indeks

Cara Membuat Tulisan Berjalan di Blog (Marquee): Panduan Lengkap

Cara Membuat Tulisan Berjalan di Blog (Marquee): Panduan Lengkap

Dalam dunia blogging, kreativitas dan pengalaman pengunjung adalah kunci untuk mempertahankan daya tarik dan interaksi yang tinggi. Salah satu elemen menarik yang dapat Anda tambahkan ke blog Anda adalah efek tulisan berjalan (marquee). Efek ini dapat memberikan sentuhan dinamis pada tampilan blog Anda, membuat konten terasa lebih hidup dan interaktif. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat tulisan berjalan di blog Anda, serta tips untuk mengoptimalkan penggunaan efek marquee.

Apa Itu Tulisan Berjalan (Marquee)?

Tulisan berjalan, atau sering disebut “marquee,” adalah efek animasi di mana teks bergerak secara horizontal atau vertikal pada halaman web. Dalam konteks blogging, marquee dapat digunakan untuk menampilkan pesan, pengumuman, kata-kata inspiratif, atau konten lainnya yang ingin Anda soroti. Marquee memberikan gerakan visual yang menarik perhatian pengunjung dan dapat menjadi fitur tambahan yang menambah daya tarik blog Anda.

Langkah-langkah Membuat Tulisan Berjalan di Blog

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat tulisan berjalan di blog Anda:

Langkah 1: Siapkan Teks atau Konten

Tentukan teks atau konten yang ingin Anda tampilkan dalam efek marquee. Ini bisa berupa pengumuman, kutipan, atau pesan khusus.

Langkah 2: Buka Editor atau Dashboard Blog Anda

Masuk ke dashboard atau editor blog Anda. Pastikan Anda memiliki akses ke kode HTML atau mode penyuntingan yang memungkinkan Anda untuk menambahkan kode kustom.

Langkah 3: Tambahkan Kode HTML Marquee

Untuk membuat tulisan berjalan, Anda perlu menambahkan kode HTML marquee. Berikut adalah contoh kode untuk tulisan berjalan horizontal:

<marquee behavior="scroll" direction="left">Teks Anda di sini</marquee>

Anda juga dapat mengganti nilai direction dengan “right” untuk arah berjalan ke kanan.

Langkah 4: Atur Parameter Marquee

Anda dapat menambahkan parameter tambahan untuk mengatur kecepatan, jumlah ulangan, dan lain-lain. Berikut adalah contoh penggunaan beberapa parameter:

<marquee behavior="scroll" direction="left" scrollamount="3" scrolldelay="100">Teks Anda di sini</marquee>
  • scrollamount: Menentukan kecepatan pergerakan teks (semakin tinggi nilai, semakin cepat).
  • scrolldelay: Menentukan jeda antara pergerakan teks (nilai dalam milidetik).

Langkah 5: Tambahkan Kode ke Posting atau Halaman

Setelah mengonfigurasi kode marquee sesuai keinginan Anda, salin dan tempel kode tersebut ke posting atau halaman blog Anda. Pastikan untuk melihat pratinjaunya dan memastikan efek berjalan sesuai harapan.

Langkah 6: Publikasikan atau Simpan Perubahan

Setelah Anda puas dengan tampilan marquee di posting atau halaman, publikasikan atau simpan perubahan Anda. Kemudian, kunjungi halaman atau posting tersebut untuk melihat efek marquee yang telah Anda tambahkan.

Tips untuk Mengoptimalkan Penggunaan Marquee di Blog Anda

  • Pilih Pesan yang Relevan: Pastikan pesan yang ditampilkan dalam marquee relevan dengan konten atau tujuan blog Anda. Hindari menggunakan marquee untuk konten yang tidak penting atau mengganggu.
  • Gunakan dengan Bijak: Marquee memiliki daya tarik visual, tetapi penggunaan berlebihan dapat mengganggu dan membuat pengunjung merasa terganggu. Gunakan marquee untuk menyoroti informasi penting saja.
  • Pertimbangkan Kecocokan Tema: Pastikan efek marquee sesuai dengan desain dan tema keseluruhan blog Anda. Pilih warna dan gaya teks yang konsisten dengan identitas visual blog.
  • Uji Kecocokan pada Berbagai Perangkat: Pastikan efek marquee berfungsi dengan baik pada berbagai perangkat, termasuk desktop, tablet, dan ponsel. Pastikan tidak ada masalah dalam tampilan dan pergerakan teks.
  • Jaga Kecepatan dan Jeda yang Tepat: Pilih kecepatan dan jeda pergerakan teks yang nyaman untuk dibaca. Kecepatan yang terlalu cepat atau jeda yang terlalu singkat dapat membuat pengunjung kesulitan membaca pesan.
  • Uji dan Evaluasi: Setelah Anda menerapkan marquee, pantau respons pengunjung dan analisis apakah efek ini memberikan nilai tambah pada pengalaman mereka. Jika tidak, pertimbangkan untuk menghapus atau mengubahnya.

Kesimpulan

Tulisan berjalan (marquee) dapat menjadi tambahan menarik untuk blog Anda, memberikan sentuhan dinamis dan interaktif pada tampilan. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah membuat efek tulisan berjalan di blog Anda dan mengoptimalkannya agar sesuai dengan tujuan dan kebutuhan konten Anda. Ingatlah untuk menggunakan marquee dengan bijak, memilih pesan yang relevan, dan mengutamakan pengalaman pengunjung untuk memaksimalkan dampak positif dari efek ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *