Portal & Informasi Seputar Bandung Raya

Dispangtan Kota Cimahi Ajak Masyakat Ikut Berperan Ciptakan Kemandirian Pangan

Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi mengajak masyarakat untuk menciptakan kemandirian pangan. Di antaranya dengan menanam sejumlah komoditas pangan di pekarangan rumah.

“Ketahanan pangannya kita mulai dari tingak terrendah seperti rumah tangga, RT, RW, kelurahan sehungga nantinya kemandirian pangan di Kota Cimahi akan terbentuk,” kata Kepala Dispangtan Kota Cimahi, Tita Mariam pada Senin (26/12/2022).

Untuk memberikan stimulus itu, pihaknya akan menyebarkan 4.900 batang bibit cabai kepada masyarakat di 9 kelurahan di Kota Cimahi. Bibit cabai itu akan dibagikan kepada 54 Kepala Keluarga (KK) di setiap kelurahannya.

Simbolis pemberian bibit pohon cabai itu dilakukan oleh Penjabat Wali Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan. Bantuan bibit pohon cabai itu bisa ditanam di pekarangan rumah atau lahan kosong.

 “Masing-masing KK itu dapat 10 bibit. Insya Alloh mulai kita sebarkan kepada masyarakat besok,” ujar Tita.

Dia menegaskan, ketahanan pangan keluarga sangat penting. Apalagi dalam menghadapi ancaman resesi tahun depan. Selain itu, pangan seperti cabai yang ditanam artinya masyarakat akam berperan dalam menjaga inflasi daerah.

Sebab, jelas Tita, cabai merupakan salah satu penyebab yang membuat inflasi tinggi. “Memang komoditas paling memicu harga dan inflasi itu cabai. Kalau dikita alhamdulillah inflasinya masih kategori aman,” tegas Tita. (source:cimahikota.go.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *