Portal & Informasi Seputar Bandung Raya
Indeks

Peringati Harganas: Kota Bandung Sukses Turunkan Angka Stunting

Kota Bandung berhasil menurunkan angka stunting dari 26 persen menjadi 19 persen pada tahun 2022. Hal itu berkat berbagai gerakan dan fasilitas yang disediakan di setiap wilayah.

“Hal tersebut tentu hasil kolaborasi dan inovasi yang telah dilakukan pada setiap perangkat daerah bersama dengan pihak-pihak terkait,” kata Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna pada peringatan Hari Keluarga Nasional Tingkat Kota Bandung, di Kiara Artha Park, Jumat 14 Juli 2023..

Ema mengatakan, keluarga merupakan elemen terpenting dan utama. Keluarga memilik peranan ketahanan, sarana, dan prasarana untuk mengembangkan kemampuan. 

“Untuk itu, Pemkot Bandung terus berupaya mengedukasi masyarakat dengan menyosialisasikan optimalisasi fungsi-fungsi keluarga, penerapan hidup sehat, serta pemenuhan gizi dan nutrisi untuk pencegahan stunting,” ungkapnya. 

Ia berharap pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2023 ini, menjadikan momentum upaya penguatan peran keluarga dalam mempercepat penurunan prevalensi stunting. 

“Keluarga secara teori organisasi terkecil, tetapi saya lihat fungsi peran keluarga sangat besar. Karena keluarga jendela masa depan kita pertama menjaga rumah tangga dan melanjutkan keturunan,” kata Ema.

“Keluarga menjadi kunci utama meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Jangan pernah menyepelekan harmoni keluarga, karena mampu meningkatkan kualitas SDM,” bebernya. 

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bandung, Kenny Kaniasari menyampaikan, tema Harganas Tahun 2023 yaitu Menuju Keluarga Bebas Stunting Untuk Indonesia Maju. 

“Ini menyadari peran keluarga sangat penting salah satunya untuk memperhatikan soal stunting. Ini juga potensi generasi saat ini,” ungkapnya. 

“Tujuannya pembangunan keluarga dan meningkatkan kepedulian pencegahan stunting,” ungkapnya. 

Sementara itu, Anggota DPD RI, Eni Sumarni mengapresiasi kinerja Pemkot Bandung, khusunya dalam pembentukan keluarga yang sehat sejahtera. 

“Saya bangga melihat kinerja Pemkot Bandung. Semoga Pemkot Bandung mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dalam mewujudkan keluarga sejahtera,” harapnya. (yan)**

(source:bandung.go.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *