Portal & Informasi Seputar Bandung Raya
Indeks

Tempat Wisata di Bandung Yang Dulunya Terkenal Kini Hanya Cerita

Bewara Wisata – Seiring berjalannya waktu, banyak tempat wisata di Indonesia yang dulunya ramai, kini berubah sepi dan hanya cerita.

Tempat-tempat itu tidak lagi menjadi pusat keceriaan. Tak lagi ada canda tawa dan wajah bahagia dari setiap pengunjung pada tempat ini.

Meski kota Bandung memiliki tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan akan tetapi ada beberapa tempat wisata kini hanya sebuah cerita yang manis, pada orang-orang yang telah berkunjung pada wisata tersebut.

Penyebabnya pun beragam. Ada yang harus gulung tikar karena pengelola tidak sanggup lagi menanggung biaya operasional. Atau, kalah saing dengan bisnis wisata yang lebih modern, yang lebih menarik hati orang-orang yang haus akan hiburan.

Berikut Mediajabodetabek.com rangkum beberapa tempat wisata yang ada di kota Bandung, yang dulu tersohor dan terkenal kini terbengkalai hanya tinggal cerita dan kadang dijadikan sebagai tempat wisata misteri:

Kampung Gajah

Kampung Gajah merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi keluarga dan rombongan anak sekolah.

Pada masa kejayaannya, Kampung Gajah memiliki lebih dari tiga puluh wahana permainan. Dengan fasilitas tersebut sudah jelas lokasi ini pernah menjadi primadona
masyarakat khususnya anak-anak.

Tapi sayangnya pada tahun 2018 tempat ini harus ditutup setelah Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memvonis tempat ini pailit.

Setelah keputusan itu, lokasi ini tinggal kenangan. Menjadi seperti kampung mati. Tidak ada lagi aktivitas manusia di dalamnya, yang ada hanyalah keheningan dan ilalang yang menutupi hampir seluruh bagian wahana dan patung yang tersisa.

China Town

Chinatown Bandung yang terletak di Jln. Kelenteng No 41, Ciroyom, Kecamatan Andir, Kota Bandung.

Diresmikan pada tahun 2017 oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil ketika itu, Chinatown Bandung kini seperti bangunan tak bertuan.

Wajah tempat wisata di kawasan pecinan itu terlihat kusam, coretan vandalisme mengotori bangunan utama yang masuk dalam kategori cagar budaya itu.

Terlihat seorang gelandangan tengah tertidur di bagian pintu masuk, objek wisata ini tutup permanen pada Mei tahun 2020 itu.

Baca Juga: Wisata Alam Parung Tasikmalaya, Info Lengkap Harga Tiket dan Wahana

Kolam Renang Yuli’s

Kolam renang yang dikenal anak-anak kelahiran tahun 90-an, kolam renang ini tidak asing lagi nagi mereka dimana kolam renang yang dulu menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan kini sudah tutup permanen akibat menurunnya pengunjung akibat Covid, serta persaingannya banyak kolam renang di kota bandung yang lebih banyak menyediakan wahana air dan serta kolam renang ini sudah tidak terurus lagi akibat tidak adanya pemasukan. Kolam renang Yulis ini resmi ditutup pada tahun 2020.

Air Panas Cimanggu, Ciwidey

Kolam renang air panas Cimanggu ini akhir-akhir ini menjadi buah bibir pada masyarakat, dimana pasalnya kolam renang ini yang tekenal tiket masuknya yang murah hanya Rp20.000-an per orang kini sudah tutup permanen dan juga terbengkalai.

Akibat dari Covid membuat wisata ini diharuskan tutup selama 2 tahun, akan tetapi untuk mengelola kolam renang ini membutuhkan biaya yang cukup besar.

Pada akhirnya wisata pemandian air panas Cimanggu ini gulung tikar dan tutup permanen pada tahun 2021.

Berikut rangkuman wisata yang ada di kota Bandung, dulunya ramai kini tinggal hanya cerita dan tidak hanya itu beberapa wisata yang ada di atas terkadang orang untuk menjadi ajang lokasi uji nyali untuk membuat video vlog.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *